STRATEGI PEMBELAJARAN

Kata “strategi” dalam kamus bahasa Indonesia mempunyai beberapa arti, antara lain:

a.Rencana yang cermat mengenai kegiatan

1)    Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran.

2)    Ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapai musuh dalam kondisi yang menguntungkan.

3)    Tempat yang baik menurut siasat perang.[1]

Strategi mengajar adalah taktik yang digunakan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Sedangkan pembelajaran merupakan suatu proses membelajarkan peserta didik agar dapat mempelajari sesuatu yang relevan dan bermakna bagi diri mereka, disamping itu, juga untuk mengembangkan pengalaman belajar dimana peserta didik dapat secara aktif menciptakan apa yang sudah diketahuinya dengan pengalaman yang diperoleh. Kegiatan ini akan mengakibatkan peserta didik mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.[2]

Dalam dunia pendidikan, strategi menurut J.R David dalam buku Wina Sanjaya diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal.[3] Jadi, dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Ada dua hal yang patut kita dicermati dari pengertian di atas.Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran.Ini berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Kedua,  strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian, penyusunan langkahlangkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Oleh sebab itu, sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah rohnya dalam implementasi suatu strategi.[4]

Adapun pengertian strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam  adalah suatu strategi yang menjelaskan tentang komponen-komponen umum dari suatu set bahan pembelajaran pendidikan agama dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama-sama dengan bahan-bahan tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.[5]


[1]Tim penyusun kamus Besar, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 859.

[2]Muhaimin dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Citra Media, 1996), h. 157. 

[3]Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cet. 4; Jakarta: Kencana, 2006), Hal. 126.

[4]Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Hal. 126.

[5]Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2008), h. 186. 


Comments

Popular posts from this blog

Membasuh muzah

Syarat waris islam

DEFINISI DAN PENGERTIAN WARISAN (FARAID)