STRATEGI PEMBELAJARAN
Kata “strategi”
dalam kamus bahasa Indonesia mempunyai beberapa arti, antara lain:
a.Rencana yang cermat mengenai kegiatan
1)
Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk
mencapai sasaran.
2) Ilmu dan seni
memimpin bala tentara untuk menghadapai musuh dalam kondisi yang menguntungkan.
3)
Tempat yang baik menurut siasat perang.[1]
Strategi
mengajar adalah taktik yang digunakan guru dalam melaksanakan proses belajar
mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran
secara efektif dan efisien. Sedangkan pembelajaran merupakan suatu proses
membelajarkan peserta didik agar dapat mempelajari sesuatu yang relevan dan
bermakna bagi diri mereka, disamping itu, juga untuk mengembangkan pengalaman
belajar dimana peserta didik dapat secara aktif menciptakan apa yang sudah
diketahuinya dengan pengalaman yang diperoleh. Kegiatan ini akan mengakibatkan
peserta didik mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.[2]
Dalam dunia
pendidikan, strategi menurut J.R David dalam buku Wina Sanjaya diartikan sebagai a plan, method, or series of activities
designed to achieves
a particular educational goal.[3]
Jadi, dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan
yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu.
Ada
dua hal yang patut kita dicermati dari pengertian di atas.Pertama, strategi
pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk
penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran.Ini
berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana
kerja belum sampai pada tindakan. Kedua,
strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari
semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian,
penyusunan langkahlangkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan
sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Oleh sebab
itu, sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat
diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah rohnya dalam implementasi suatu
strategi.[4]
Adapun pengertian strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah suatu strategi yang menjelaskan tentang komponen-komponen umum dari suatu set bahan pembelajaran pendidikan agama dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama-sama dengan bahan-bahan tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.[5]
[1]Tim penyusun kamus Besar, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 859.
[2]Muhaimin dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Citra Media, 1996), h. 157.
[3]Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan (Cet. 4; Jakarta: Kencana, 2006), Hal. 126.
[4]Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Hal. 126.
[5]Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran
(Jakarta: Kencana, 2008), h. 186.
Comments
Post a Comment